NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
POPDAILY

Senang Bergelut di Dunia Sosial? Yuk Gabung Komunitas Sosial berikut!

  • Desember 14, 2020
  • 4 min read
Senang Bergelut di Dunia Sosial? Yuk Gabung Komunitas Sosial berikut!

KOMUNITAS, malangpost.id – Di masa pandemi ini banyak sekali kegiatan yang ditunda. Alhasil, kita hanya tinggal di rumah sembari menikmati kegiatan secara daring. Tak jarang kita bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja. Namun ada loh, solusi untuk mengatasi ini, yaitu dengan gabung komunitas sosial. 

Inilah saatnya keluar dari zona nyaman. Jika sebelumnya kamu hanya rebahan saja, yuk mulai produktif. Sekarang banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan secara daring. Bahkan beragam kegiatan itu bisa menambah kompetensimu. 

Nah komunitas sosial inilah salah satu solusinya. Dalam komunitas ini, kamu yang senang bersosialisasi akan mendapat insight baru. Berikut ini rekomendasi komunitas sosial yang bisa kamu ikuti, meskipun secara daring. 

Gabung Komunitas Sosial desamind.id 

“Ingat bangsa, ingat desa” slogan tersebut melekat bersamaan dengan logo dari komunitas @desamind.id. Komunitas sosial ini merupakan organisasi non profit yang bergerak sebagai partner masyarakat desa dalam membentuk masyarakat yang maju, khususnya dengan mengembangkan bidang pendidikan dan sosial. 

Dalam menjalankan programnya, komunitas sosial ini tidak membedakan ras, suku, agama, atau golongan manapun. Dengan kata lain, komunitas sosial ini senantiasa mengedepankan kolaborasi dengan seluruh para relawannya. 

Relawan inilah yang menjadi penggerak agar masyarakat lebih peduli terhadap pengembangan desa-desa seluruh Indonesia. Selain itu, desamind.id juga menyediakan program beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa yang berasal dari desa. 

Pada intinya, komunitas ini sangat berfokus kepada pengembangan desa dan sumber daya manusianya. Bagi Anda yang berminat, segera gabung komunitas sosial desamind.id yuk! 

Kelas Inspirasi 

Dengan tagline, “di Indonesia, hari inspirasi tidak pernah berhenti”, Kelas Inspirasi hadir sebagai platform yang memberikan banyak inspirasi kepada anak negeri. Komunitas sosial ini bertujuan untuk membantu anak Indonesia dalam membangun mimpinya.  

Melalui Kelas Inspirasi, komunitas ini akan berbagi cerita yang dapat menumbuhkan cita, tujuan dan bermimpi lebih tinggi. Komunitas ini menjadi solusi bagi para profesional yang ingin berkontribusi mengajar di lingkungan sekitarnya. 

Kegiatannya memang berfokus pada bidang pendidikan, yakni dengan mendatangkan mentor-mentor ke sekolah-sekolah, khususnya pendidikan dasar. Dengan begitu, Kelas Inspirasi berharap dapat terus memberikan inspirasi sedari dini agar siswa SD sudah mulai merancang mimpi mereka. 

Pengajar Muda 

Pengajar muda merupakan salah satu media yang diinisiasi oleh @ind_mengajar. Dalam akun instagramnya, @ind_mengajar menyebutkan deskripsi bahwa platform tersebut hadir karena sebuah inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan di Indonesia. 

Melalui fokus kepada pengajaran ini, saat pandemi, ind mengajar menyajikan bergama kelas inspirasi. Tentunya yang bertujuan untuk mengefektivkan pembelajaran secara daring saat ini. Bagi Anda yang berminat menjadi voluenteer mengajar secara daring bisa mendaftarkan diri segera. 

Namun komunitas ini juga memiliki ruang gerak sosial, yakni melalui pengajaran yang dilakukan pada desa-desa tertentu. Artinya, selain dapat berkontribusi di bidang pendidikan, Anda juga akan mendapatkan ilmu untuk bersosialisasi. 

Arah Pemuda Indonesia 

Yayasan Arah Pemuda Indonesia merupakan yayasan yang mensinergikan tiga komponen untuk membangun bangsa, yakni pergerakan pemuda, kemanusiaan, dan sosial. Komunitas sosial ini mengayomi pemuda pemudi Indonesia yang ingin mengabdi di daerah 3T. 

Salah satu kegiatannya yaitu pemberdayaan masyarakat dengan tajuk Pengabdi Muda. Nah saat ini telah dibuka gelombang Pengabdi Muda #3. Melalui kegiatan seperti ini Anda akan mendapatkan pengalaman volunteering ke lokasi yang dipilih. 

Tak hanya itu, Arah Pemuda Indonesia juga peduli akan bidang literasi melalui kegiatan-kegiatannya. Beberapa waktu terakhir, yayasan ini juga telah mengadakan program beasiswa untuk mahasiswa S1 atau sederajat. Nah menarik sekali bukan? 

Merintis Indonesia 

Cocok banget untuk Anda yang ingin berkolaborasi dalam membangun Indonesia. Seperti namanya, Merintis Indonesia bertujuan untuk membangun Indonesia dari sumber daya manusia yang ada, khususnya di bidang bisnis dan ekonomi. 

Melalui kegiatannya, Merintis Indonesia sudah banyak berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Nah khusus untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis, bisa bergabung dalam komunitas ini ya! 

Kira-kira Anda akan gabung komunitas sosial yang mana? Di masa pandemi ini, banyak komunitas yang membuka program volunteer. Jika berminat, segeralah untuk mendaftarkan diri. Jangan sampai kelewatan ya!