NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
30/09/2022
POPDAILY

Minyak Kayu Putih, Kandungan dan Segudang Manfaatnya!

  • Februari 16, 2021
  • 4 min read
Minyak Kayu Putih, Kandungan dan Segudang Manfaatnya!

Anda menyimpan minyak kayu putih di rumah? Tahukah Anda, apa saja kandungan dan manfaat minyak kayu putih?

KESEHATAN, malangpost.id – Banyak keluarga Indonesia menyimpan minyak kayu putih di rumah. Benda ini juga kerap dibawa saat bepergian. Minyak yang satu ini sejak dulu memang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Sebagian besar menggunakan minyak kayu putih saat sakit kepala, masuk angin, atau gatal-gatal. Selain itu, minyak kayu putih juga memberikan sensasi hangat yang bisa menenangkan tubuh. Namun, tahukah Anda apa saja kandungan yang ada dalam minyak kayu putih? Dan apa saja manfaatnya? Simak informasi berikut yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tentang Minyak Kayu Putih

Minyak ini memiliki nama lain, seperti Aceite de Cajeput, cajeput oil, Kajuputi leucadendra, dan Cajeputi aetheroleum. Umumnya minyak kayu putih berwarna kuning dengan aroma yang cukup kuat. Minyak ini banyak diproduksi dan dijual dalam botol plastik.

Minyak kayu putih dihasilkan dari proses destilasi uap daun segar dan ranting pohon kayu putih atau Melaleuca Leucadendra. Hasil dari proses destilasi inilah yang menghasilkan minyak kayu putih.

Kandungan Minyak Kayu Putih

Penggunaan minyak kayu putih memberikan sensasi hangat dan menenangkan. Hal ini karena kandungan sineol dalam minyak kayu putih yang berasal dari kayu dan daun kayu putih. Berdasarkan Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI), kandungan sineol berkisar antara 50-65% untuk standar penentuan kemurnian minyak kayu putih.

Selain sineol, minyak kayu putih juga mengandung fitokimia yang merupakan nutrient turunan dari minyak kayu putih itu sendiri. Kandungan lainnya yang terdapat dalam minyak kayu putih, yaitu antioksidan, benzene, methanol, pinene, terpinene, myrcene, fenchyl alcohol, humulene, terpinyl acetate, trans- caryophyllene, cyclohexen,  dan carene

Manfaat Minyak Kayu Putih

Seperti yang telah dibahas di atas, minyak kayu putih merupakan hasil ekstraksi daun dan ranting pohon cajuput, bukan eukaliptus. Meskipun minyak kayu putih berbeda dengan minyak eukaliptus, minyak kayu putih memiliki beragam manfaat. Berikut diantaranya.

Baik untuk pernapasan

Pohon cajuput sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih mengandung senyawa yang bersifat sebagai dekongestan yang baik untuk meredakan gangguan pernapasan. Dekongestan memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang mampu mengatasi dan meredakan hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan.

Minyak kayu putih juga mampu mengatasi sinusitis, asma, serta meringankan gejala penyakit bronchitis dan laringitis. Kandungan sineol dan cajuput pada minyak kayu putih juga membantu meredakan batuk.

Merawat luka dan mengatasi infeksi kulit

Antimikroba yang ada dalam minyak kayu putih dapat membantu melawan patogen Escherichia coli (E. coli) dan Staphylococcus aureus (S. aureus). Kandungan antimikroba ini bisa memperkecil risiko luka infeksi yang disebabkan kedua patogen tersebut.

Selain itu, kandungan cineole pada minyak kayu putih menimbulkan rasa hangat dan mengurangi rasa sakit pada permukaan kulit yang terinfeksi.

Meringankan nyeri otot

Salah satu manfaat minya kayu putih lainnya adalah meringankan nyeri otot. Jika mengalami kontraksi otot (keseleo) secara tiba-tiba, Anda akan merasakan sakit yang bisa mengganggu aktivitas. Dengan kandungan eucalyptamint dalam minyak kayu putih, Anda bisa menggunakannya untuk mengobati nyeri otot dan sendi karena minyak ini bersifat analgesik.

Meredakan sakit kepala dan mual

Seperti Anda ketahui, banyak masyarakat Indonesia yang membawa minyak kayu putih saat bepergian. Dipercaya minyak kayu putih mampu mengatasi sakit kepala dan meredakan mual saat melakukan perjalanan. Manfaat ini didapat karena kandungan sineol yang ada dalam minyak kayu putih dapat menenangkan penderita sakit kepala dan memberikan rasa hangat.

Mengusir serangga dan mengatasi gigitan serangga

Aroma minyak kayu putih merupakan salah satu pengusir serangga alami karena minyak ini memiliki kandungan eucalyptol yang tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk. Minyak kayu putih juga kerap digunakan untuk mengatasi gigitan serangga dan nyamuk yang bisa meredakan gatal dan mencegah timbul ruam pada kulit.

Segudang manfaat minyak kayu putih

Nah, itu tadi informasi singkat mengenai asal, kandungannya, serta beragam manfaat minyak kayu putih. Masyarakat Indonesia umumnya mengusapkan minyak kayu putih pada area perut dan dada setelah mandi. Minyak kayu putih juga menjadi salah satu produk kesehatan yang digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti sakit kepala, gatal, dan nyeri otot. Apakah Anda juga menyimpan minyak kayu putih untuk jaga-jaga? (ds3)