NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
02/10/2022
POPDAILY

Menjadi Freelancer Masa Kini? Ini Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan

  • Oktober 19, 2020
  • 5 min read
Menjadi Freelancer Masa Kini? Ini Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan

KARIER, malangpost.idFreelancer masa kini, Di masa pandemi ini, siapa yang hari-harinya diisi dengan kegabutan? Tak dapat dimungkiri, adanya kebijakan #DiRumahSaja membuat kita bosan. Hal ini akhirnya dimanfaatkan untuk melakoni hobi yang dahulu tenggelam karena kesibukan.

Namun, bagi sebagian orang yang tak punya hobi, tentu masa ini menjadi masa yang paling membosankan sepanjang hidup. Bagaimana tidak, setiap harinya kita hanya menemui ruang tamu, kamar, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Kondisi ini ternyata bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental lho! Sebab, orang-orang hanya di rumah saja dengan menyimak berita kasus Covid-19 yang semakin mendebarkan.

Nah, tapi bagi kamu yang senang mengambil peluang, momen ini bisa kamu manfaatkan. Seseorang yang selalu produktif tentu tidak tinggal diam bukan? Ibaratnya ketika mereka tidak menghasilkan pekerjaan yang berguna, mereka akan merasa hidupnya hampa.

Meskipun di masa pandemi, kamu tetap bisa menghasilkan uang. Jangan khawatir bagi kamu yang sebelumnya belum mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa mencoba melakoni pekerjaan freelance. Freelance masa kini, seperti apa ya? Apakah menarik dan memiliki prospek cukup besar? Yuk simak!

Freelancer Terpopular, Content Writer 

freelancer masa kini, Content writer menjadi pekerjaan paling diminati.
Content writer menjadi pekerjaan lepas paling diminati.

Content writer atau penulis konten adalah seseorang yang bertugas menjadi penulis untuk kepentingan blogging. Dunia blogger saat ini masih berprospek tinggi. Untuk itulah para blogger membutuhkan penulis konten sesuai klasifikasi mereka.  

Bisa jadi setiap harinya ada artikel yang di post di website blogger. Alhasil, mereka terus menerus membutuhkan tulisan dari para penulia andal. Tak jarang banyak dari mereka yang bahkan mencari jasa penulis artikel demi mendapatkan artikel yang berkualitas. 

Nah, inilah kesempatanmu untuk mengambil pekerjaan lepas ini. Kamu bisa mendapatkan uang cukup dengan modal menulis saja. Siapa sih yang tidak bisa menulis? Hanya saja, kamu harus berlatih menulis secara kontinu agar tulisanmu enak dibaca. 

Pekerjaan freelance masa kini ini sangat cocok dikerjakan semua kalangan. Sebab, pekerjaan ini tidak membutuhkan waktu pasti. Dengan kata lain, kamu bisa melakukannya secara online dan #DiRumahSaja. 

Freelancer Masa Kini Bidang Editor Foto 

Jenis pekerjaan freelance yang lain adalah menjadi seorang editor foto. Pekerjaan ini sangat mudah dilakukan dan hanya berbekal skill editing saja. Bagi kamu yang menyukai dunia desain dan fotografi, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini.  

Keuntunganya kamu tidak terikat waktu dan deadline, kecuali jika telah terjadi kesepakatan terlebih dahulu. Menariknya lagi, bagi kamu yang hobi foto, kamu bisa menjadikan freelancer ini untuk menularkan hobimu. 

Setiap peluang bisa kamu manfaatkan asal kamu mau. Jika kamu berani mengambil jenis pekerjaan ini, manfaat yang kamu dapat, kamu semakin andal menjadi seorang editor foto loh! Hal ini karena dalam agensi terkait kamu juga akan diajarkan ilmu-ilmu terkait. 

Pekerjaan Freelancer Masa Kini Termudah : Data entry 

Data entry paling mudah dikerjakan, nih!
Data entry paling mudah dikerjakan, nih!

Jenis freelance masa kini sangat menarik. Apalagi pekerjaan data entry. Jenis pekerjaan ini bisa dilakukan siapa saja, termasuk fresh graduate atau kamu yang masih menempuh pendidikan. Sebab, pekerjaan ini sangat mudah. Kamu cukup menginput data ke dalam database yang diminta. 

Namun perlu diingat. Biasanya si pemberi pekerjaan akan menyaratkan untuk memenuhi target input tertentu. Alhasil, kamu harus bisa bekerja sesuai target tersebut. Akan tetapi jangan khawatir, karena pekerjaan ini berjudul “freelance” kamu tetap memiliki waktu luang dan tidak terikat jam kerja tetap. 

Cocok banget untuk dikerjakan di masa pandemi ini. Jangan malas mencari info ya. Daftarlah jenis pekerjaan ini jika kamu rasa mampu melakoninya nanti. 

Digital marketer 

Social media sebagai alat bekerja para digital marketer.
Social media sebagai alat bekerja para digital marketer.

Di era modern seperti ini, pekerjaan digital marketer semakin marak dicari. Hal ini karena setiap perusahaan membutuhkan staff bidang marketing yang bisa memasarkan  produk secara online. Nah, pemasaran online inilah yang sangat potensial dan diandalkan para pelaku usaha. 

Bagi kamu yang memiliki skill bidang marketing, pekerjaan ini bisa kamu coba. Bidang kerjanya sangat menarik lho! Kamu akan banyak berhubungan dengan pemasaran produk dan berhadapan dengan pelanggan. 

Jangan khawatir, bagi kamu yang masih belajar, kamu bisa terus menambah ilmu di bidang marketing. Jika dirasa sudah mampu, daftar saja dulu. Siapa tahu, ini menjadi rezeki kamu dan kamu bisa belajar lebih banyak dari perusahaannya langsung. 

Ahli SEO 

Tak kalah popular, profesi lepas ini juga cukup banyak dibutuhkan. SEO merupakan sebuah teknik yang berguna untuk meningkatkan traffic sebuah webiste. Sangat dekat kaitannya dengan internet, ahli SEO biasanya juga dibutuhkan sebagai pelengkap. 

Bagi kamu yang menyukai blogging, kamu bisa menambah skill ini. Dengan begitu, kamu bisa bekerja multitasking dengan beberapa bidang. Lagi-lagi, jika kamu mampu, ambillah setiap peluang di sekitarmu. 

Nah, itulah freelancer masa kini yang sangat potensial dan banyak dicari. Pekerjaan lepas mana yang kamu incar?