NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
06/10/2022
POPDAILY

Ini Perjalanan Bisnis Airy Rooms dari Awal Hingga Kolaps

  • Oktober 7, 2020
  • 4 min read
Ini Perjalanan Bisnis Airy Rooms dari Awal Hingga Kolaps

BISNIS, malangpost.id – Perjalanan bisnis Airy Rooms. Pada masa pandemi seperti ini, apa Anda masih berpikir untuk liburan? Jika iya, Anda tetap harus menjaga kesehatan ya! Pasalnya, memasuki era New Normal terlihat masih ada orang yang sudah mulai tidak menaati protokol kesehatan. Sebaiknya jangan demikian karena toh kesehatan juga untuk diri sendiri.

Memesan tiket hotel atau tiket liburan sangat cocok dilakukan secara online. Anda tak perlu repot pergi ke tempatnya langsung. Kemudahan ini diperoleh dengan adanya teknologi internet. Bagi Anda yang sudah sering memesan hotel, tentu saja kamu familiar dengan nama Airy Rooms. Namun, tak sedikit juga yang baru mendengarnya kali ini.

Kenalan dengan Airy Rooms

Website booking hotel dengan harga terjangkau ini mulai naik daun seiring perintisannya. Bermula dari 2015 lalu, perjalanan bisnis Airy Rooms bermula dengan mengelola kamar-kamar hotel berkualitas. Sistemnya, Airy bekerja sama dengan hotel-hotel di seluruh Indonesia.

Hotel tersebutlah yang menjadi mitra awal Airy Rooms. Lantas kemudian muncul konsep Visual Hotel Operator atau VHO. Istilah ini bisa diartikan bahwa hotel dijadikan mitra untuk dikelola. Keuntungannya, para pemilik hotel lebih mudah melakukan penjualan.

Perjalanan Bisnis Dimulai dengan Menjadi VHO

Cara VHO ini sangat menguntungkan pemilik hotel. Mulai dari bangunan, kayawan, dan staff diurusi oleh VHO seperti Airy Rooms ini. Nah, VHO ini mendapat apa? Tentunya sebuah bisnis tetap ditujukan untuk mendapatkan profit. Keuntungan materi diperoleh dari adanya komisi sesuai kesepakatan sebelumnya.

Merintis sebuah bisnis yang saat ini kita kenal sebagai Airy Indonesia memang tidak mudah. Awal menjadi VHO ini membutuhkan skill khusus yang membuat para pemilik hotel mempercayai ide tersebut. Tak lantas menjadi layaknya pengemis, lakukan permohonan dengan cara elegan.

Lagi pula VHO juga memberikan keuntungan bagi pemilik hotel. Tidak ada salahnya untuk mencoba tawaran tersebut. Bagi Airy, inilah langkah awal perjalanan bisnis yang patut diapresiasi.

Penting dalam Perjalanan Bisnis untuk Memastikan Brand yang Dijual

perjalanan bisnis Airy Rooms
Airy selalu memanajemen kamar hotel.

Tidak sekadar VHO biasa, Airy Rooms kemudian mengenalkan brand yang dijual dengan cara berbeda. Pertama, ia memastikan kamar hotel yang dipilih merupakan kamar yang berkualitas. Hal ini bertujuan agar pelanggan mendapatkan kepuasan setelah booking hotel di website ini.

Lantas, manajemen kamar hotel menjadi kunci pertama yang ia jaga. Setiap sebelum mengenalkan brand, ia memastikan terlebih dahulu kondisi kamar hotel. Lalu bekerja sama dengan Traveloka, Expedia, KlikHotel, dan lain sebagainya. Coba cek apakah hotel Airy Rooms terdaftar di sana?

Solusi Budget Travel

Tagline milik Airy Rooms ini sudah familiar di telinga bukan? Ditambah lagi bagi Anda yang sudah berlangganan pada website ini. Tagline tersebut menjadi visi Airy, yakni agar website Airy Indonesia bisa menjadi solusi budget travel. Artinya, sebisa mungkin kegiatan travelling tak harus memakan bugdet yang terlalu besar.

Jika masih bisa ditekan, kenapa pilih biaya maksimal? Iya jika memang anak sultan, tapi semestinya tetap hemat pengeluaran bukan? Visi ini nampaknya dianggap sangat cocok untuk backpacker. Namun, keluarga kecil saja sudah banyak yang menikmati fiturnya.

Intinya Airy Rooms sangat menganut prinsip budget traveller. Di mana para traveller menekan budget alias bisa disebut traveling hemat atau irit. Hal ini bisa Anda buktikan sendiri dengan mengecek budget hotel setiap malam. Harga yang dipatok cukup murah, setuju?

Bekerja Sama dengan Lebih dari 1000 Hotel

Tunggu, Anda jangan dulu membayangkan kamar hotel bintang bekelas. Sebelumnya, Anda perlu mencermati. Harga traveling hemat bisa didapat dengan kamar hotel yang sepadan. Kecuali jika memang lagi ada diskon besar-besaran, harga hotel bintang 4 atau 5 turun menjadi kelas menengah.

Tapi tenang, Airy Rooms selalu memastikan brand mereka. Tak prlu khawatir dengan pelayanan yang kurang baik. Sebab Airy selalu memanajemen kamar hotel yang menjadi mitra. Saat ini telah lebih dari 1000 hotel yang bergabung dalam website Airy Indonesia. Jumlah tersebut sepadan dengan perjalanan bisnis sejak 2015 lalu.

Lebih Keren Menjadi Airy Indonesia

Meskipun telah bekerja sama dengan 1000 hotel, Airy tak puas sampai di situ. Ia kemudian merambah demi memaksimalkan value perusahaan. Inovasi kemudian dilakukan layaknya perjalanan bisnis yang sudah berkembang. Airy menyediakan memesan tiket pesawat domestik.

Nah, dari inovasi tersebut, Airy tak lagi menggunakan “rooms” di belakang sebutan websitenya. Melainkan untuk mengenalkan inovasinya, Airy berganti nama menjadi Airy Indonesia. Tandanya, sekarang Airy tak lagi mengurusi pemesanan hotel, tetapi juga tiket pesawat domestik.

Perubahan nama ini membuka kesempatan untuk menambah layanan akomodassi lainnya. Inovasi akomodasi lain terus dikembangkan. Airy menambah sejumlah layanan dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan.

Menariknya lagi, layanan tersebut bisa dipesan dalam 24 jam. Nah loh, sudah seperti pelayanan kesehatan saja ya? Anda juga diberikan kemudahan lain seperti masalah pembayaran. Pembayaran bisa dengan invoice, kartu kredit, atau transfer bank.