NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
POPDAILY

Ini Dia 5 Perbedaan Generasi Milenial dan Generasi Z

  • November 5, 2021
  • 3 min read
Ini Dia 5 Perbedaan Generasi Milenial dan Generasi Z

GAYA HIDUP, malangpost.id – Pastinya, kamu sering mendengar yah istilah generasi milenial dan generasi Z? Kedua istilah ini kerap menjadi perbincangan di berbagai kesempatan. Namun, mungkin banyak dari pembaca yang masih bingung apakah yang dimaksud dengan generasi milenial dan generasi Z? Lalu, apa saja perbedaan milenial dan gen Z?

Yuk, kita bahas beberapa hal tentang kedua generasi ini.

Apakah generasi milenial dan generasi Z?

Secara umum, generasi milenial dan gen Z bisa dibedakan dari tahun kelahiran. Generasi Y atau biasa lebih dikenal dengan milenial adalah mereka yagn lahir pada tahun 1980-1995. Lalu, mengapa disebut dengan generasi milenial?

Gen Y dinamakan milenial karena mereka merupakan generasi satu-satunya yang sempat melewati milenium kedua sejak teori generasi diutarakan pertama kali oleh sosiolog Karl Manheim pada 1923.

Sedangkan generasi Z atau sering disebut gen Z adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1996 hingga 2015. Gen Z juga banyak disebut sebagai generasi alpha. Mereka yang lahir sebagai gen Z termasuk orang-orang yang tidak mengenal dunia tanpa smartphone dan tidak pernah tahu keadaan hidup tanpa teknologi.

Perbedaan generasi milenial dan gen Z

Selain perbedaan umur, generasi milenial dan generasi Z memiliki perbedaan lainnya. Kedua generasi ini bahkan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut perbedaan keduanya.

1. Cara pandang terhadap teknologi

Perbedaan yang paling mencolok dari kedua generasi ini adalah keberadaan teknologi. Milenial mengenal dan tumbuh dengan teknologi seperti DVD player, komputer/PC besar, dan ponsel layar hitam putih dengan satu nada saja. Sementara itu, gen Z hidup dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Mereka sudah terbiasa dan memiliki akses mudah terhadap smartphone, Wi-Fi, layanan streaming, internet, dan berbagai jenis media sosial.

2. Mengenal media sosial yang berbeda

Gen Z memiliki akses terhadap media sosial terkini, seperti Instagram, Tik Tok, YouTube, Twitter, dan Facebook. Meskipun begitu, generasi milenial juga menyukai dan menggunakan media sosial. Namun, di zaman generasi milenial, media sosial yang ada adalah Friendster atau Tumblr. Hal ini mempengaruhi preferensi masing-masing generasi dalam menggunakan media sosial saat ini.

Generasi milenial lebih banyak memilih dan menikmati menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. Sedangkan gen Z lebih banyak menggunakan media sosial berbasis video, seperti YouTube, Instagram, dan Tik Tok.

3. Perbedaan golongan

Perbedaan generasi milenial dan gen Z berikutnya adalah dalam pandangan hidup. Umumnya generasi milenial bersifat idealis karena dibesarkan selama ekonomi yang sedang booming. Sedangkan gen Z bersifat lebih pragmatis karena lahir selama resesi terjadi. Gen Z fokus pada bisnis dengan nilai jangka panjang dan investasi cerdas karena tidak ingin mengalami resesi seperti yang terjadi pada orang tua mereka. Selain itu, generasi Z juga lebih hemat dan bijak dalam mengeluarkan uang.

4. Motivasi karier yang berbeda

Generasi milenial dan generasi Z juga memiliki perbedaan dalam hal motivasi karier. Dibandingkan dengan generasi milenial, gen Z dewasa memiliki motivasi lebih dalam hal finansial. Mereka lebih mementingkan gaji besar dibandingkan kelebihan lainnya dalam bekerja. Gen Z juga lebih banyak berinvestasi dalam pelatihan keterampilan.

5. Generasi Z lebih percaya pada teknologi

Terlahir dalam kurun waktu dengan teknologi yang semakin maju, generasi Z lebih percaya dan mengandalkan teknologi. Mereka juga lebih percaya terhadap inovasi-inovasi baru dan cenderung belum puas dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Itu tadi 5 perbedaan generasi milenial dan generasi Z secara umum. Sesuaikah dengan dirimu?