NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
10/12/2022
POPDAILY

11 Kuliner Khas Ramadhan Ini Selalu Dirindukan!

  • April 15, 2021
  • 3 min read
11 Kuliner Khas Ramadhan Ini Selalu Dirindukan!

Kuliner Khas Ramadhan

KULINER, malangpost.idSetahun sekali, kita melakukan puasa selama satu bulan di bulan Ramadhan. Salah satu ciri khas dari bulan ini adalah para ibu-ibu masak masakan yang belum tentu dihidangkan di hari biasanya dan para penjual takjil dengan berbagai menu hadir dengan meriah.

Makanan tersebut mulai dari masakan berat, makanan ringan, es, jus, junk food, dan lain sebagainya. Bulan Ramadhan juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Banyak makanan dan minuman pada masa Ramadhan membuat anda bingung kan?.

Untuk itu, kali ini akan dibahas beberapa kuliner khas yang ada di bulan Ramadhan, diantaranya:

1. Kurma

Kurma merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah dan hadirnya selalu identik di bulan Ramadhan. Di hari biasa mungkin ditemukan di beberapa tempat saja, seperti di toko oleh-oleh sekitaran Arab. Di bulan Ramadhan kita dimudahkan untuk mencari ini/

2. Kolak

Menu satu ini menjadi dessert yang manis. Karena biasanya diisi oleh pisang dan ubi jaar. Dihidangkan dengan kuah berupa santan. Hmm, enak, lezat. Setiap Ramadhan pasti setidaknya anda  mencicipi walaupun satu kali saja.

3. Es Timun Suri, Blewah dan Cincau

Tiga es yang saling melengkapi. Tinggal pilih yang mana. Es ini selalu ramai dibeli pembeli pada bulan Ramadhan. Timun suci dan blewah jarang ditemukan, kecuali pada saat Ramadhan. Sepanjang jalan kita akan menemukan berbagai olahan es tinggal pilih yang mana saja.

4. Kicak

Salah satu makanan manis asal Jogja yang paling dikangeni oleh masyarakat sekitar. Makanan ini terbuat dari ketan putih yang sudah tanaj dan dihaluskan. Jadi seperti gemblongan. Biasanya dicampur dengan parutan kelapa dan ada potongan buah nangka sebagai pelengkap.

5. Bangka Kopyor

Bangka Kopyor menggunakan bahan utama berupa nangka. Makanan manis ini asal Gresik. Jadi nama makanan ini singkatan dari buah nangka dan kelapa kopyor. Menu ini hanya ada di bulan Ramadhan saja. Menu ini biasanya ditemukan di daerah sekitar pesisir pantai.

6. Pakat

Menu ini khas Tapanuli, yang mana bahannya unik dari rotan muda kemudian dibakar. Setelah dibakar di atas tungku selama satu jam, maka akan dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih. Setelah dipotong-potong, daging rotan ini siap dihidangkan dengan kuah santan.

7. Sate Susu

Sate susu merupakan salah satu menu asal Pulau Bali yang mana dibuat dari kulit kantung susu sapi yang mana bisa anda rasakan saat Ramadhan. Dengan menyantap ini bisa menambah stamina anda bertambah. Menu ini cocok untuk berbuka puasa.

8. Bubur Kampiun

Makanan ini dari Bukittinggi, Sumatera Barat dengan gabungan beberpa bubur. Diantaranya ada candil, sumsum, kacang hijau, kolak pisang, ubi, kolang-kaling. Kemudian campuran tersebut disiram dengan kuah santan yang sudah dicampur dengan gula merah.

9. Mie Glosor

Mie ini khas Bogor yang mana sulit ditemukan selain di bulan Ramadhan. Keunikan mie ini adalah memiliki tekstur yang licin dan kenyal. Warnanya juga kuning terang. Sehingga tampilannya terkesan cerah dan membuat kita siap untuk menyantapnya.

10. Gulai Siput

Gulai Siput khas Tanjungpinang, Kepulauan Riau nerneda dengan sajian gulai lainnya. Bahan utama menggunakan siput sawah dan kemudian diolah dengan kuah kuning. Jangan lupa dimasak bersama campuran daun ubi.

11. Es Pisang Ijo

Es ini gampang didapat di segala musim, apalagi di bulan Ramadhan. Es pisang ini menjadi salah satu pilihan untuk berbuka. Es pisang ijo merupakan salah satu menu khas dari Makassar. Adanya es ini bisa didapat hampir di seluruh Indonesia.

Itulah 11 kuliner khas Ramadhan yang sering Dirindukan. Semoga bermanfaat.