NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
POPDAILY

11 Kuliner Khas Idul Fitri ini selalu Membuat Kangen

  • Mei 11, 2021
  • 3 min read
11 Kuliner Khas Idul Fitri ini selalu Membuat Kangen

Kuliner Khas Idul Fitri

KULINER, malangpost.id Hal unik yang selalu ada di Lebaran adalah kulinernya, khas pas Idul Fitri. Kuliner khasnya tergantung wilayahnya masing-masing. Karena setiap belahan Indonesia ini mempunyai makanan khas masing-masing yang perlu diacungi jempol.

Makanan tersebut ada yang anda suka dan difavoritkan. Kuliner khas tersebut bisa anda buat atau beli. atau kalau mau enaknya sendiri yah pergi ke tetangga makan bersama. Pastikan bahwa saat memantap afdol agar enak rasanya dan nagih terus.

Berikut ini kuliner khas saat Idul Fitri yang bisa membuat kangen, diantaranya:

1. Ketupat

Ketupat adalah makanan yang dibuat dari beras dan dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa sehingga memang identik dengan tradidi lebaran di Indonesia. Tanpa ini rasanya ada yang hambar. Ketupat memunyai filosofi mendalam yang mana mencerminkan kesucian.

2. Rengginang

Makanan ini sudah tidak asing didengar di telinga anda. Rengginang tidak hanya pas lebaran pasti dijual dan banyak ditemukan di pasaran. Makanan khas Jawa ini terbuat dari nasi kering atau beras ketan. Variasi rasa juga macam-macam, mulai dari manis, asin, dan udang maupun terasi.

3. Opor Ayam

Makan ketupat tidak akan lengkap jika tidak ada opor ayam. Makan bersama keluarga dan teman tambah mantap-mantap. Masakan bumbu kuning ini memang enak sekali dan bisa disantap selagi panas. Hmm yummy.

4. Kue Lidah Kucing

Kue lidah kucing dinamakan seperti itu karena mirip dengan lidah kucing. Tipis-tipis dan panjang adalah bentuknya. Warna kuenya juga putih kecoklatan dan memang legit rasanya. Halus-halus tekturnya lembut. Memang enak deh.

5. Nastar

Nastar ini isinya berisi nanas dan paling banyak dihidangkan saat lebaran. Asal usul kue ini dari Belanda, gabungan dari ananas dan tart jadi nastar. Bentuk nastar pun bermacam-macam mulai dari bulat, keranjang, dan daun, serta bunga.

6. Semur

Ada Semur yang mana menjadi pasangan dari ketupat. Masakan ini tidak kalah digemari saat saat disajikan di meja. Masakan ini memiliki kuah kental yang berwarna coklat yang mana dari kecap manis. Dimasak dengan variasi isi atau bahan bermacam-macam.

7. Kue Putri Salju

Kue ini juga dinanti-nanti oleh masyarakat karena kelembutannya dan kemanisannya. Kue ini dibedaki oleh gula putih bubuk dan banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kue ini sering ditemui dalam bentuk bulan sabit. Bentuk di zaman sekarang macam-macam tergantung selera.

8. Rendang

Rendang, salah satu makanan khas wilayah Sumatera Barat ini memang digemari seantero Indonesia. Jadi setiap merayakan Idul Fitri pasti menghidangkan ini. menu ini sangat enak sekali dan cocok untuk lebaran kali ini. selain peda-pedas juga hangat nikmat.

9. Kastengel

Kastangel menjadi salah satu kue lebaran yang sangat dinantikan oleh anda yang suka asin-asin. Kue ini kering dan terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju yang memiliki rasa gurih.

10. Kacang Mete

Yang suka kacang-kacang cocok ini. Kacang mete paling dinanti-nantikan oleh bapak-bapak dan pecinta kacang. Kacang ini disajikan bersama dengan makanan lain yang sudah disebutkan di atas. Selain kacang mete juga ada kacang lainnya. jadi berbahagialah.

11. Sambal Goreng Kentang Ati

Nah, ini yang ditunggu-tunggu sambal goreng kentang ati. Masakan ini terbuat dari kentang yang dipotong-potong kemudian digoreng dan dikasih sambal. Sambal kentang ini ditambah ati atau rempela hmm enak sekali.

Itulah 11 kuliner khas yang ada di Idul Fitri dan membuat kangen alias ketagihan. Semoga bermanfaat.