NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
04/10/2022
OLAHRAGA

Perbedaan Aturan Bola Basket NBA, WNBA, dan FIBA

  • Maret 8, 2021
  • 3 min read
Perbedaan Aturan Bola Basket NBA, WNBA, dan FIBA

Basket Ball ada apa dengan aturannya?

OLAHRAGA, malangpost.idIngat, permainan bola basket tidak hanya permainan itu saja dan asal-asalan. Tetapi semuanya ada aturan dan untuk permainan ini ada tiga aturan yang terkenal. Aturan itu diantaranya ada aturan NBA, WNBA, dan FIBA.

Perbedaan sisi besar antara NBA dan FIBA adalah dalam hal ukuran pengadilan. NBA dan WBNA bermain di lapangan yang sedikit lebih besar dengan tinggi sebesar 28,65 X 15,24 meter. Untuk aturan FIBA berukuran 28 X 15m.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja berikut ini:

Seperti Apa Sih Pertandingan Wanita WBNA?

Untuk pertandingan wanita, WBNA mengadopsi garis tiga poin internasional pria di 6.75 m. Untuk garis bergerak lebih jauh ke 6.32 m (dari lingkaran di aturan FIBA wanita). Perbedaan ukuran antar aturan memang tidak berdampak signifikan, tetapi lebih ke pengaruh gaya dan aliran dalam bermain.

Sejak tahun 2010, NBA dan FIBA telah menggunakan kunci persegi panjang atau area terbatas (walaupum tidak selalu seperti ini). sebelum tahun 2010, FIBA menggunakan area terbatas berupa trapesium.

Seberapa Besar Bola Basket ?

Untuk pria, selama bermain NBA dan FIBA menggunakan bola basket dengan ukuran 7. Memiliki keliling 75 cm dan untuk wanita menggunakan bola dengan 6 dengan ukuran sekitar 72, 5 cm. untuk permainan internasional pria, durasinya 10 menit, begitu juga dengan pertandingan wanita.

Untuk permainan standar biasanya sekitar 12 menit dan bisa anda lihat di NBA. Untuk WBNA menggunakan dua bagian 20 menit (bukan perempat) dengan total waktu permainan sekitar 40 menit. Untuk pelanggaran pribadi di NBA seorang pemain akan ke kamar mandi jika sudah dapat 5.

Ada Berapa Banyak Waktu Tunggu ?

Dalam time ot, permainan yang disetujui FIBA akan dapat memanggil waktu tunggu selama penghentian permainan dan pelatihan yang harus melakukannya. Di NBA, seorang point guard bisa memanggil time out di tengah pertandingan dengan memungkinkan timnya bisa bermain dengan sempurna.

Kompetisi FIBA bisa jadi lima time out, dengan dua di babak pertama dan tiga di babak kedua. Sedangkan NBA terdapat enam time out. Kompetisi internasional hanya memungkinkan ada dua time out dalam dua menit terakhir.

Kompetisi FIBA Memungkinkan ada Lima Time Out

Kompetisi FIBA bisa sampai ada lima time out dengan dua di babak pertama dan tiga di babak kedua. Untuk NBA memungkinkan ada enam time out. Untuk kompetisi internasional hanya ada dua time out dalam dua menit terakhir.

NBA dan FIBA melarang pemain memberhentikan bola dalam melakukan penerbangan ke bawah menuju pelek. Dalam kompetisi internasional saat bola memukul tepi, pemain dapat memainkan bola. Silinder imajiner ada di NBA yang memiliki keranjang sebagai desainnya.

Esensi Permainan Bola Basket

Dengan tahu aturan dari bola basket anda lebih paham tentang lomba ini maupun esensinya maupun kandungannya. Di kalangan banyak, kompetisi NBA lebih populer. NBA juga membuat peraturan tersendiri dan berbeda dengan dikeluarkannya aturan FIBA.

Namanya basket, masih banyak kalangan yang ingin main olahraga ini. Karena selain menyehatkan, juga bisa membuat tinggi badan. Semakin anda sering berolahraga ini, maka semakin anda bisa menjadi handal dalam bermain.

Tidak tentu akan kesukaan Basket berlanjut. Karena disesuaikan dengan selera kemudian juga kekonsistenan anda dalam mencintai olahraga ini. Itu saja dati perbedaan aturan antara Bola Basket NBA, WBNA, dan FIBA. Semoga bermanfaat.