Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
NEWSLIVE

Tahun 2023 Pada Tri Semester Ke 4, Perkembangan Prodi Baru UIN Malang Menunjukkan Optimisme

  • November 14, 2023
  • 3 min read
Tahun 2023 Pada Tri Semester Ke 4, Perkembangan Prodi Baru UIN Malang Menunjukkan Optimisme

Smartlive- Perkembangan Prodi Baru UIN – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) optimis bahwa empat program studi (prodi) baru yang diajukannya ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan disetujui.

Saat ini Perkembangan prodi baru UIN Malang menunjukkan optimisme karena hasil visitasi tim asesor Kemendikbudristek akan diumumkan pada bulan Desember 2023.
Sebelumnya UIN Maliki Malang dalam membuka prodi baru juga dilihat sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten serta siap bersaing di dunia kerja. Tentu saja, keberhasilan UIN Malang dalam mengembangkan prodi baru tersebut juga akan bergantung pada dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha.

Keempat prodi tersebut merupakan bidang ilmu yang dibutuhkan oleh industri dan masyarakat yakni Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Lingkungan. Prodi-prodi tersebut telah menjalani proses visitasi dari tim asesor Kemendikbudristek pada tanggal 21-23 Juli 2023.

“Kami optimistis bahwa keempat prodi baru tersebut akan disetujui oleh Kemendikbudristek,” kata Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. Zainuddin, M.A., dalam keterangannya pada hari ini.

Prof. Zainuddin mengatakan bahwa UIN Malang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang untuk pengajuan prodi baru tersebut.
UIN Malang telah menyiapkan tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman, sarana dan prasarana yang memadai, serta kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya, Uin Maliki Malang melakukan Persiapan Pengembangan Prodi Baru Untuk pengembangan keempat prodi baru tersebut, antara lain:

1. Perekrutan tenaga pengajar
UIN Malang telah merekrut tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman untuk keempat prodi baru tersebut. Tenaga pengajar tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

2. Penyediaan sarana dan prasarana
UIN Malang telah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung perkuliahan di keempat prodi baru tersebut. Sarana dan prasarana tersebut meliputi gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, asrama mahasiswa, dan fasilitas olahraga.

3. Pengembangan Kurikulum Perkembangan Prodi Baru UIN
UIN Malang telah mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk keempat prodi baru tersebut. Kurikulum tersebut disusun dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan industri.

Baca Juga:  Setelah Varian Delta, Kini Muncul Varian Delta Plus di Indonesia

Kurikulum yang Berbasis Keislaman
Selain mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai, UIN Malang juga memastikan bahwa kurikulum yang digunakan untuk keempat prodi baru tersebut berbasis keislaman. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan spiritual yang tinggi

“Kami telah menyiapkan tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Kami juga telah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung perkuliahan di keempat prodi baru tersebut,” kata Prof. Zainuddin.

“Kami berharap dengan adanya prodi-prodi baru ini, UIN Malang dapat menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul di tingkat nasional dan internasional,” kata Prof. Zainuddin.
Cek website uinmalang?

https://uin-malang.ac.id/

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id