NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
05/10/2022
NEWSANTARA

Kru KRI Nanggala 402 Hanya Punya Waktu 3 Hari

  • April 22, 2021
  • 2 min read
Kru KRI Nanggala 402 Hanya Punya Waktu 3 Hari

TRENDING, malangpost.id- Kapal selam KRI Nanggala-402 dari jajaran Armada II Surabaya hilang kontak saat melaksanakan latihan penembakan senjata strategis di perairan selat Bali. Kabar hilangnya kapal selam ini dibenakan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Menurut dia, pencarian sudah dilakukan dengan mengerahkan seluruh armada.

Bahkan hilangnya kapal selam ini di respon oleh Kedubes Jerman secara langsung dengan memberikan simpati melalui akun twitter. Selain itu Singapura juga turut membantu upaya pencarian KRI Nanggala-402 yang dilaporkan hilang di perairan Bali, Rabu 21 April. Kapal MV Swift Rescue Angkatan Laut Republik Singapura segera diberangkatkan ketika kabar itu didengar.

Misi penyelamatan ini menjadi genting ketika Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono meyakini, suplai oksigen di dalam Kapal Selam KRI Nanggala 402 cukup untuk tiga hari ke depan. Menurut dia, Sesuai dengan prosedur oprasi, oksigen di dalam KRI Nanggala 402 mampu bertahan selama 72 jam.

Selain itu, Yudo juga meyakini bahwa di dalam kapal buatan Jerman itu, terdapat persediaan cadangan oksigen. Sehingga, Yudo optimistis jika seluruh awak kapal selam saat ini masih dalam kondisi yang baik.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan saat ini pencarianKapal selam milik TNI Angkatan Laut KRI Nanggala 402 sedang dilakukan secara intensif. Sebelumnya diketahui kapal tersebut hilang kontak di perairan Utara Bali, pada Rabu 21 April 2021.