NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
ME-TIME

8 Jenis Kopi Populer dari Dulu hingga Kini

  • Oktober 5, 2020
  • 3 min read
8 Jenis Kopi Populer dari Dulu hingga Kini

Apa saja sih jenis kopi populernya?

ME-TIME, malangpost.id – Tanpa dijelaskan lebih lanjut lagi, kopi pasti mempunyai makna tersendiri dari para pecinta kopi dan kalangan masyarakat. Mempunyai posisi khusus dank has bagi setiap penikmatnya. Selain menemani di saat genting, juga menemani disaat penting lainnya.

Mulai dari rasa pahit hingga biasa saja, membuat kopi ini memiliki level cita rasa sendiri. Tergantung lidah penikmat dan jenis kopinya seperti apa, terutama racikannya. Untuk itu, agar tidak salah memilih dan sebagai pecinta kopi,

Sebaiknya anda minimal harus tahu jenis kopi populer dari dulu hingga sekarang. Untuk tahu lebih lanjutnya, simak penjelasan berikut:

1. Kopi Arabika

Kopi jenis ini merupakan salah satu kopi populer di dunia yang mana sampai sekarang sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat luas. Jenis kopi ini pertama kali ditemukan di Ethiopia. Oleh bangsa Arab kemudian disebarluaskan ke dunia. Sehingga secara ilmiah kopi ini bernama “Coffea Arabica”.

Ciri khas dari kopi ini adalah memiliki keasaman yang lebih tinggi dibandingkan kandungan kafein didalamnya. Warna seduhannya juga tidak terlalu kental. Aromanya jangan ditanya, sangat wangi. Jenis kopi ini berasal dari dua varietas, yaitu Typica dan Bourbon.

2. Kopi Robusta

Jenis ini berasal dari Gunung Malang, Lereng Gunung Slamet, Purbalingga. Kopi ini banyak ditemukan di Indonesia, sehingga banyak diproduksi juga oleh masyarakat luas. Ciri dari kopi ini memiliki rasa yang lebih pahit daripada kopi Arabika.

Tekstur dari kopi ini termasuk kasar, tetapi memiliki aroma yang sangat kuat. Jenis kopi ini cocok jika dicampur dengan bahan lain, seperti susu.

3. Kopi Liberika

Kopi jenis ini memang belum banyak didengar oleh orang banyak, tetapi jenis kopi ini malah terkenal dan menjadi komoditas dunia. Kualitas biji memang relatif rendah, tetapi kopi ini mampu berbuah sepanjang tahun.

Kopi ini juga bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah.

4. Kopi Ekselsa

Jenis kopi ini berasal dari daerah Afrika Barat dan cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah basah. Harga dan kualitas dari kopi ini masih jauh dengan jenis kopi Arabika dan Robusta. Tetapi jenis kopi ini, tidak mudah diserang penyakit sehingga banyak petani yang membudidayakan ini.

5. Kopi Gayo

Jenis kopi ini berasal dari Tanah Gayo, sesuai dengan namanya. Tepatnya di dataran tinggi Aceh Tengah. Wilayah tersebut dipercaya subur sehingga cita rasa yang dihasilkan terbilang kaya. Untuk tahu proses pembuatannya, anda bisa langsung ke petani di wilayah sana. Siapa tahu cocok.

6. Kopi Mandailing

Merupakan jenis kopi yang ditanam di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Kopi ini cukup populer di Indonesia. Sehingga wajar saja, kopi ini juga banyak penggemarnya. Baik di wilayah Sumatera sendiri maupun luar pulau Sumatera.

7. Kopi Sidikalang

Jenis kopi ini merupakan salah satu dari varietas kopi Arabika yang mana keturunan langsung dari jenis Typica. Nama kopi ini diambil dari sebuah kota yang terletak di daerah pegunungan sejuk, yaitu Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

8. Kopi Bali Kintamani

Sudah dipastikan, sesuai dengan namanya jenis kopi ini berasal dari Bali. Tepatnya daerah Kintamani, Kabupaten Bangli. Banyak petani kopi sana yang membudidayakan jenis kopi ini. Petani disana memegang teguh filosofi Hindu, Tri Hita Karana, dan sistem pertanian tradisional disana.

Nah, itulah 8 jenis kopi yang populer dari dulu hingga kini. Baik ruang lingkupnya di Indonesia maupun dunia. Semoga dengan penjelasan ini, ada yang cocok dan mau mencoba salah satu jenis kopi di atas.