NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
ME-TIME

Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi dengan Yoga

  • Oktober 23, 2020
  • 4 min read
Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi dengan Yoga

RAGAM, malangpost.id – Menjaga imunitas tubuh selama pandemi menjadi hal yang sangat penting. Karena pada masa inilah manusia rawan terserang penyakit. Apalagi yang berhubungan dengan wabah. Tentu bukan hal yang biasa dengan situasi saat ini. 

Anda yang di rumah saja harus tetap sehat. Bagaimana pun kesehatan merupakan modal utama bagi manusia. Ibaratnya tanpa kesehatan, manusia tidak dapat menjalani aktivitas. Bahkan, bayangkan ketika menengok di rumah sakit. Bisa jadi kita menemui kesimpulan bahwa kesehatan harus dibayar. 

Nah dalam masa pandemi ini, sudah semestinya kita meningkatkan imunitas tubuh. Contoh kecilnya dengan menjaga pola makan bergizi. Selain itu, olahraga juga bisa dilakukan secara rutin. Aktivitas lain yang tak kalah menyehatkan adalah yoga. Yuk kita bahas tentang pentingnya yoga dalam menjaga imunitas tubuh selama pandemi. 

Apa Itu Yoga? 

Bagi sebagian orang yang jarang melakukan aktivitas olahraga tentu akan merasa asing dengan istilah ini. Sebab istilah ini mungkin saja jarang sekali terdengar di kalangan mereka. Nah sebenarnya yoga itu apa ya? 

Yoga berasal dari bahasa Sanskerta. Arti yoga menurut bahasa ini adalah penyatuan. Lebih lengkapnya penyatuan dengan alam. Yoga sebenarnya merupakan salah satu dari enam filsafat agama Hindu. Kegiatannya berupa meditasi untuk menenangkan pikiran dan panca indra secara menyeluruh. 

Namun, yoga tidak ada kaitannya dengan ritual agama. Secara sederhana, yoga diartikan sebagai aktivitas olah gerak tubuh untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Yoga memberi keselarasan antara fisik, jiwa, dan pikiran. Pada fisik tubuh, yoga memberikan dampak pada lahirnya tubuh yang sehat. 

Sementara itu, pada pikiran, yoga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Yoga juga menajamkan intelektual dan menyeimbangkan emosi. Dampak ini akan membawa seseorang pada hidup yang bahagia. Adapun pada jiwa, yoga memberikan dampak timbulnya kesadaran dan kebebasan.

Mengenal Manfaat Yoga untuk Menjaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, yoga memberi dampak pada fisik tubuh, pikiran, dan jiwa. Melihat ketiga aspek tersebut, tentunya ada dampak khusus bagi kesehatan. Apa saja ya? 

  • Yoga dapat mengurangi risiko penyakit kronis 

Siapa sih orang yang ingin sakit? Tidak ada bukan. Tentu semua orang ingin sentiasa dalam keadaan sehat. Bahkan ketika mengalami flu ringan saja segera minum obat agar kembali sehat. Nah, ternyata yoga memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan. Yoga dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Jadi batuk, pilek, sudah lewat ya. 

  • Yoga digunakan sebagai sarana relaksasi 

Aktivitas yoga yang membawa ketenangan pikiran dan jiwa dapat menjadi sarana relaksasi. Misalnya setelah penat karena mengerjakan pekerjaan dengan pikiran berat. Anda bisa melakukan relaksasi pikiran. Contoh paling ringan adalah beristirahat dengan rileks. Namun, untuk hasil yang maksimal, boleh lah untuk sesekali melakukan yoga.

Selain itu..

  • Membangun kekuatan dan fleksibilitas tubuh 

Yoga sangat bermanfaat dalam hal menjaga fisik tubuh. Aktivitas yang termasuk olahraga ini juga bisa meningkatkan kekuatan tubuh. Dengan kata lain, seseorang yang rutin melakukan yoga, ia akan memiliki imunitas tubuh yang kuat. Karena dalam yoga sendiri terdapat teknik yang berguna menjaga stamina tubuh. 

  • Yoga dapat menurunkan berat badan 

Nah manfaat seperti inilah yang banyak diincar mom-mom muda. Ketika sedari lajang telah rutin melakukan yoga, biasanya setelah menikah juga mempertahankan aktivitas ini. Apalagi setelah melahirkan, ketika sudah pulih. Mamahmuda segeralah melakukan yoga untuk mengembalikan bentuk tubuhnya. 

  • Yoga dapat memperbaiki postur tubuh 

Manfaat ini juga sering diincar. Postur tubuh yang ideal tentu diinginkan oleh sebagian besar orang. Sebab, karena postur inilah yang ditampilkan di mata orang lain. Seseorang pasti ingin dipandang secara sempurna dengan postur yang ideal bukan? Nah, bisa ini rutin melakukan yoga. 

  • Meningkatkan keseimbangan 

Poin terakhir ini pasti sudah sering Anda saksikan. Biasanya gerakan yoga melatih keseimbangan pelakunya. Nah, hal ini juga bermanfaat pada kesehatan tubuh. Misalnya Anda tidak mudah terpental karena memiliki keseimbangan diri. 

Yoga itu sangat bermanfaat bukan? Apalagi khusus bagi Anda yang ingin program menurunkan berat badan. Di samping manfaat ini, tetap berorientasi melakukan yoga untuk menjaga imunitas tubuh selama pandemi ya!