NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
06/10/2022
KUPASEDU

Seberapa Penting Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak?

  • April 20, 2021
  • 3 min read
Seberapa Penting Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak?

Seberapa penting bahasa asing?

DIKSAR, malangpost.idBahasa Inggris adalah bahasa internasional yang mana berguna dalam menjangkau banyak kalangan. Dengan adanya bahasa Inggris membuat anda bisa berinteraksi dengan banyak orang di dunia. Sehingga tidak ada lagi perbedaan yang bisa menghambat seseorang untuk berkembang.

Tidak banyak yang bisa bahasa Inggris sampai sekarang. Padahal bahasa Inggris sangat penting seiring bertambahnya zaman. Alasannya bisa menunjang segala hal dan bisa mudah dalam hal akses. Sehinga itulah alasan kenapa bahasa Inggris itu perlu.

Untuk itu, berikut ini akan dijabarkan seberapa penting mengajarkan bahasa asing kepada anak. Ingat, bahasa asing tidak hanya bahasa Inggris. Diantaranya:

1. Agar Anak tidak Merasa Asing dengan Bahasa Asing

Jika anak sudah bisa menguasai bahasa asing, maka anak akan familiar dengan bahasa itu. Hal tersebut bisa membuat nyaman anak dan bukan sebagai momok. Anak juga bisa menikmati berbagai pertunjukan yang berbahasa Inggris. Semisal film maupun drama.

2. Anak bisa Memiliki Skill Baru

Anak yang bisa berbahasa Inggris membuat ia semakin PD dalam mengembangkan skillnya. Apalagi skill tersebut bisa dibuat lomba. Hal tersebut bisa mengelola kemampuan anak dalam bersaing secara fair di masa mendatang.

3. Anak Akan Siap dalam Masa Depan

Bahasa asing sekarang tidak hanya bahasa Inggris saja yang perlu dipelajari. Mengingat kebutuhan sekarang bertambah ke kepentingan bahasa lainnya. dan diharapkan dengan adanya anak yang bisa bahasa asing, maka bisa saja dibilang sudah siap dalam mempersiapkan masa depan.

4. Meningkatkan Peluang Anak dalam Memilih Sekolah Terbaik

Dengan menguasai bahasa asing, anak bisa memilih sekolah terbaik sesuai kebutuhan. Misalnya sekolah ke luar negeri. Dengan hal tersebut, anak-anak bisa menguasai bahasa asing secara konsisten tanpa takut malas ataupun tidak berkembang.

5. Memudahkan Anak Tertarik dengan Ilmu Sains

Bisa dibilang bahasa asing adalah bahasa sains. Jadi jika ada publikasi di bidang sains, maka ia harus bisa bahasa asing yang dikerjakan tersebut. apalagi anak mempunyai cita-cita menjadi apoteker, insinyur, sains, dan dokter.

6. Memudahkan Anak agar Tidak Repot Menerjemahkan Bahasa Asing

Maksudnya adalah anak tidak perlu menerjemahkan bahasa asing yang ia kuasai karena sudah tahu dan terbiasa. Dengan menonton televise, buku, dan tayangan-tayangan lainnya membuat anak semakin ingat dan berlatih untuk mahir.

7. Bisa Menambah Relasi dari Warga Negara Asing

Anak secara tidak langsung, akan mendapatkan link terkait bahasa asing yang ia kuasai tersebut. entah teman, guru, maupun info untuk mempermudah pelajaran. Semua tergantung pada usaha anda dan anak dalam memanfaatkannya.

8. Membuat Anak Bersikap Kritis serta Mandiri

Dengan bahasa asing, bisa menumbuhkan anak untuk bersikap positif maupun dalam berpikirnya. Sikap mandiri dan kritis pasti ada. Hal tersebut perlu dalam menyikapi permasalahan yang perlu jalam keluarnya.

9. Melatih Kepercayaan Diri pada Anak

Hal yang biasanya bisa menjadi penghambat saat belajar bahasa asing adalah adanya rasa malu. Saat melakukan salah, kadang anak tidak mau mempraktikkan kemampuan bahasa asingnya lagi. Alasannya karena sudah malu dan tidak percaya diri. Sehingga dari situ perlulah dilatih percaya diri.

10. Memudahkan Anak untuk Belajar Bahasa Asing yang Lain

Dengan menguasai satu bahasa, anak menjadi termotivasi dalam mempelajari bahasa asing lain. Alasannya yah karena sudah pengalaman dalam memahami satu bahasa asing itu yang bagaimana. Jadi sudah terbiasa.

Itulah 10 penjelasan seberapa penting mengajarkan bahasa asing pada anak. Semoga bermanfaat.