NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
05/10/2022
KUPASEDU

Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Arsitektur

  • April 19, 2021
  • 3 min read
Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Arsitektur

Persiapkan 5 hal ini!.

KAMPUS, malangpost.idSebelum memilih jurusan Arsitektur, maka dipastikan anda harus suka atau tertarik terhdap desain bangunan maupun rumah. Karena dalam mengambil jurusan ini, anda diharuskan memiliki keahlian yang cukup luas. Anda harus memikirkan bagaimana suatu bangunan bisa berguna semestinya.

Apalagi menjadi serbaguna maupun multifungsi. Sehingga diperlukan cukup ilmu dalam memahami arsitek. Jadi, jangan hanya asal-asalan dalam mengambil jurusan ini. takutnya saat di lapangan dan berjalannya kuliah anda jadi bingung. Bahaya.

Nah, maka dari itu, kali ini akan dibahas tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memilih jurusan Arsitektur, diantaranya:

1. Kembangkan Skill dengan Karya-karya Anda

Jurusan Arsitektur memang banyak penghasilannya, tapi pada akhirnya tergantung anda sebagai seorang Arsitek. Dalam artian dilihat dalam beban kerja, jenis perusahaan yang anda kelola, sampai lokasi kerja. Karena Arsitektur berkaitan dengan rancangan desain dan hitung-hitungan, maka.

Anda harus terus mengembangkan skill yang mana bisa membuat karya beragam. Jangan hanya membuat desain rumah saja. Semua orang sekarang sudah bisa banyak membuat walaupun kecil-kecilan. Yang penting ia sudah punya basic dalam membuat rumah.

Semakin anda kreatif, semakin anda dicari banyak orang.

2. Kreatiflah dalam Memecahkan Masalah

Seorang arsitek tidak cukup mempunyai kemampuan menggambar maupun berhitung, tetapi harus bisa menguasai kemampuan dalam memecahkan masalah. Sehingga kreativitas diperlukan disini. Anda harus mempunyai karakter yang kuat.

Hasil gambar haruslan unik dan mencerminkan diri anda sebenarnya sebagai identitas. Eits, kreativitas tersebut tidak akan berguna jika tidak diimbangi dengan universitas yang kualitasnya bagus, terkhusus jurusan ini. alasannya?. Karena nanti mempengaruhi cara pikir anda. Percayalah.

3. Punya Ketertarikan dalam Menggambar, Seni, maupun Teknologi

Arsitektur menjadi salah satu jurusan yang masuk dalam Fakultas Teknik. Jurusan ini tidak hanya mengajarkan teknik, tetapi ke seninya juga maupun estetikanya. Jadi Arsitektur lebih menuangkan ide, konsep, maupun desain di atas kertas.

Untuk mendalaminya, anda harus mempelajari kekuatan bangunan, estetikanya, maupun fungsinya. Tidak hanya itu, anda harus memiliki mental yang kuat saat menghadapi klien saat kerja nanti. Kehidupan di lapangan seperti apa.

4. Tambah Referensi dengan Cari Arsitek Masa Lalu

Untuk bisa menjadi arsitek yang kreatif, anda bisa mencari referensi karya arsitek lain sebagai inspirasi dan tolak ukur. Jangan lupaa melihat referensi yang lain seperti karya arsitektur masa lalu. Membaca buku tentang arsitektur maupun buku karya arsitek juga perlu.

Anda juga bisa melakukan magang di beberapa perusahaan yang membutuhkan jurusan anda. Dari magang tersebut akan membuka skill, relasi, wawasan, dan pastinya mempermudah mendapatkan pekerjaan kelak.

5. Lakukan Kursus/Les Matematika

Seorang arsitek harus bisa menguasai aljabar, geometri, dan trigonometri. Hal tersebut berguna untuk merancang sebuah ruang yang baik. Jadi wajar, jika terdapat universitas yang memilih nilai matematika bagus sebagai syarat pendaftaran jurusan Arsitektur.

Jadi, jika anda merasa kurang paham dengan matematika, lebih baik jangan daftar deh. Kalau memang niat sekali, bisa mengikuti latihan atau les matematika dalam bahasa Inggrisa maupun Indonesia. Good luck, semoga berhasil.

Itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan oleh anda sebelum memilih jurusan Arsitektur. Untuk anda yang ingin kuliah di Malang dan ingin mengambil jurusan ini, ITN Malang bisa dijadikan rekomendasi dalam list kampus yang anda tuju. Langsung saja cek ke https://www.itn.ac.id/.

Kampus ini sudah memiliki jurusan teknik terlama di kampusnya. Jadi bisa dipertimbangkan kualitas dan kuantitasnya.