NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
KUPASEDU

Melatih Kesabaran Anak Itu Tidak Sulit Lho! Begini Caranya!

  • November 4, 2021
  • 2 min read
Melatih Kesabaran Anak Itu Tidak Sulit Lho! Begini Caranya!

PAUD, malangpost.id – Sebagai orang tua, pastinya Anda ingin melatih kesabaran anak. Mengajarkan kesabaran pada si kecil diperlukan agar anak terbiasa untuk sabar dalam menghadapi berbagai hal yang akan berguna hingga dewasa. Melatih kesabaran harus diajarkan pada anak sejak dini agar karakter si kecil terbentuk dengan baik dan dapat bersosialisasi dengan orang di sekitarnya hingga dewasa.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih kesabaran anak. Berikut beberapa diantaranya.

Alihkan perhatian si kecil

Bisa dibilang, anak kecil cenderung mudah bosan dan menjadi tidak sabar. Salah satu cara melatih kesabaran anak adalah dengan mengalihkan perhatiannya agar tidak bosan. Misalnya saat mengantre, cobalah ajak si kecil melakukan aktivitas seru yang menyenangkan, seperti bernyanyi. Si kecil akan fokus pada kegiatan tersebut sehingga tidak menyadari sedang mengantre.

Berlatih menunggu

Dibutuhkan latihan untuk menumbuhkan sikap sabar pada si kecil. Anda bisa mencoba memberi kesempatan pada anak untuk menunggu. Sebagai orang tua, Anda bisa mengatakan ‘tunggu dulu, ya’ ketika anak memulai sesuatu. Kalimat ini bisa membantu anak bersabar hingga orangtuanya merespons atau memenuhi permintaannya. Biasanya, anak akan melakukan sesuatu untuk menunggu.

Tepati janji 

Jika menjanjikan sesuatu kepada anak saat menunggu untuk mengalihkan perhatiannya, sebagai orang tua Anda harus menepati janji tersebut. Anak akan mengembangkan kesabaran saat mereka diminta menunggu karena orang tua menepati janjinya dengan tepat.

Berikan informasi yang sesuai

Jika anak bertanya berapa lama harus menunggu, sebaiknya berikan jawaban dengan informasi yang sesuai. Hindarkan untuk menjawab pertanyaan berulang si kecil dengan jawaban ‘sebentar lagi’. Sesuaikan konsep waktu dengan istilah sesuai pemahaman anak.

Pentingnya mengajarkan kesabaran pada anak perlu dilakukan sejak dini. Itu tadi beberapa cara yang bisa dicoba untuk melatih kesabaran anak. Pastinya, diperlukan peran serta kedua orang tua dalam mengajarkan kesabaran.