NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
KUPASEDU

Melatih Anak Berpuasa? Begini Caranya!

  • April 10, 2021
  • 3 min read
Melatih Anak Berpuasa? Begini Caranya!

Ingin mengajarkan anak-anak berpuasa meskipun belum wajib? Anda bisa melatih anak berpuasa sejak dini dengan cara-cara berikut ini!

DIKSAR, malangpost.id – Menjalani puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh umat muslim yang sudah akil balig di seluruh dunia. Anak-anak juga tentu bersemangat untuk ikut berpuasa, walaupun belum diwajibkan.

Nah, tentu sangat sulit bagi anak kecil untuk menjalani puasa selama sebulan penuh. Tapi, tak ada salahnya nih Anda mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Jadi, saat telah diwajibkan untuk berpuasa, ia telah lebih siap.

Berikut beberapa cara mengajarkan anak berpuasa sejak dini.

Baca juga: Ini Manfaat Mengajarkan Anak Mencintai Buku Sejak Dini

1. Kenalkan tentang puasa

Untuk melatih anak berpuasa, Anda bisa memulainya dengan mengenalkan tentang ibadah puasa yang harus dilakukan saat mereka tumbuh dewasa. Selain itu, anak juga bisa dikenalkan tentang manfaat serta makna dari puasa di bulan Ramadhan. Begitu juga dengan kebaikan bulan Ramadhan dan tradisi unik seperti ngabuburit agar ia tertarik untuk belajar puasa.

2. Sajikan menu favorit untuk sahur dan berbuka

Membangunkan anak untuk mengajak sahur tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya berpuasa. Biasanya, anak sulit dibangunkan karena masih mengantuk. Untuk membuat anak semangat saat bangun sahur, cobalah sajikan menu favoritnya. Di malam hari sebelum tidur, Anda bisa memberikan ‘bocoran’ menu untuk sahur.

Begitu juga dengan saat berbuka puasa. Sebagai motivasi anak berpuasa sehari penuh, Anda bisa mengajak si kecil memilih dan menyiapkan menu favorit untuk berbuka puasa. Tentunya, tetap pastikan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi, yah!

3. Mulai dengan puasa setengah hari

Tentu, tidak mudah bagi anak kecil untuk harus menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh. Agar anak terbiasa dan tidak kaget, ajari mereka berpuasa secara bertahap.

Untuk beberapa hari pertama, anak bisa belajar puasa dari waktu sahur hingga jam makan siang. Jika si kecil sudah siap, Anda bisa bertahap menambahkan durasi puasanya. Pastikan untuk memberikan asupan bergizi seperti makanan kaya protein dan vitamin.

4. Buat kegiatan seru

Salah satu cara melatih anak berpuasa hingga Magrib adalah dengan mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan haus. Anda bisa menyiapkan berbagai aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil.

Mulai dari permainan, membaca, dan menyiapkan menu berbuka untuk mengisi waktu ngabuburit. Pastikan anak tidur siang agar energinya tidak banyak yang terbuang dan tidak cepat merasa lelah saat ngabuburit.

5. Siapkan hadiah istimewa

Untuk menambah semangat si kecil, tidak ada salahnya Anda menjanjikan hadiah spesial saat melatih anak berpuasa. Anda bisa memberikan hadiah yang diinginkan dan bermanfaat, seperti tas sekolah baru atau berupa mainan .

Melatih anak berpuasa sejak dini tentunya tak mudah, tapi penting agar anak terbiasa. Sebagai orang tua, Anda tidak perlu memaksa si kecil harus berpuasa di luar batas kemampuan mereka. Jadikan ibadah berpuasa hal yang seru untuk dilaksanakan. Selamat mencoba! (ds3)