NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
04/10/2022
KUPASEDU

Ini Organisasi Yang Bisa Diikuti Jika Sukses Menjadi Mahasiswa UIN Maliki Malang

  • April 27, 2021
  • 3 min read
Ini Organisasi Yang Bisa Diikuti Jika Sukses Menjadi Mahasiswa UIN Maliki Malang

Kamu seorang yang aktif dan senang ikut organisasi? Nah, kalau memilih kuliah di UIN Maliki Malang, ada banyak organisasi mahasiswa UIN Malang yang bisa kamu ikuti.

KAMPUS, malangpost.id – Bagi pelajar kelas XII yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tentu sudah memiliki pilihan kampus yang diinginkan. Buat kamu yang tertarik kuliah dengan nuansa Islami, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Malang bisa jadi pilihan.

Selain menawarkan beberapa pilihan jurusan dan gedung kampus di 3 lokasi, perguruan tinggi yang berada di Kota Malang ini juga memiliki banyak organisasi intra, UKM, organisasi ekstra, dan organisasi lainnya untuk sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa.

Baca juga: Indahnya Desain Arsitektur Bangunan UIN Maliki Malang Dilihat Dari Udara

Aktif dalam Organisasi Mahasiswa Intra Kampus  (OMIK)

Selain kuliah, mahasiswa baru UIN Malang diharapkan untuk aktif ikut dalam Organisasi Mahasiswa Intra Kampus  (OMIK). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang siap terjun bermasyarakat.

Selain itu, keterlibatan mahasiswa di OMIK menjadi prasyarat untuk mengikuti ujian komprehensip. Mahasiswa setidaknya harus memenuhi 50% Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM).

Mahasiswa baru bebas memilih kegiatan positif dan organisasi mana pun, sesuai dengan pilihan minat dan bakat masing-masing.

Organisasi mahasiwa UIN Malang

UIN Malang memiliki sejumlah organisasi kampus dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai wadah aspirasi penyaluran bakat dan minat mahasiswa.

Berikut beberapa diantaranya

1. UKM Jephret Club Fotografi

Nah, ini dia organisasi mahasiswa UIN Malang khusus buat para pecinta fotografi, UKM Jephret Club. UKM ini jadi wadah buat kamu yang ingin mengembangkan bakat dalam bidang fotografi. Kamu akan belajar ilmu dasar fotografi dan ikut langsung praktek dalam program ‘hunting’ untuk mengasah potensi.

Foto-foto yang dihasilkan akan dipajang di pameran foto yang rutin digelar. Menarik, bukan? Nah, buat yang ingin tahu apa saja sih kegiatan yang diadakan UKM Jephret Club, langsung saja cek di http://jc.ormawa.uin-malang.ac.id/

2. UKM LKP2M

UKM LKP2M atau Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Mahasiswa yang menjadi wadah bagi mahasiswa yang menyukai hal ilmiah. Di sini, kamu bisa mengembangkan kemampuan dalam meneliti masalah dan kajian seperti filsafat, keagamaan, sosial politik, dan pendidikan.

3. UKM Simfoni FM

Buat kamu yang tertarik dengan dunia broadcasting, bisa bergabung ke organisasi mahasiswa UIN Malang, UKM Simfoni FM. Di UKM ini, kamu akan dilatih agar mampu membawakan sebuah program radio. Juga, diajarkan bagaimana mempersiapkan program radio, seperti program musik dan berita.

4. UKM UAPM Inovasi

Suka dengan seluk beluk jurnalistik, mulai dari menulis berita hingga penerbitan media? Ini dia UKM UAPM Inovasi, satu-satunya UKM pers mahasiswa di UIN Malang. Kamu akan dilatih hal-hal terkait jurnalistik, seperti penerbitan media dan kemampuan lain, seperti fotografi, karikatur, desain grafis, dan lainnya. Untuk praktek langsung, UKM ini juga sudah punya produk media berupa Q-pos atau koran tempel dan majalah INOVASI yang berisi berita sekitar Malang Raya.

5. UKM KSR-PMI

UKM KSR-PMI merupakan singkatan dari UKM Korps Sukarela-Palang Merah Indonesia sebagai wadah berorganisasi buat kamu yang tertarik dengan kemanusiaan dan berjiwa sosial tinggi. Di UKM KSR-PMI, mahasiswa akan dilatih dasar-dasar kesehatan yang bisa digunakan untuk membantu sesama, misalkan saat terjadi bencana.

Nah, itu tadi beberapa organisasi mahasiswa UIN Malang yang bisa kamu ikuti saat kuliah di kampus yang tidak hanya mengajarkan ilmu dunia, tapi juga ilmu agama. UIN Malang juga telah berakreditasi A. Jadi, organisasi apa yang akan kamu ikuti kalau kuliah di UIN Malang? (ds3)