NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
03/10/2022
KUPASEDU

Ini Manfaat Mengajarkan Anak Mencintai Buku Sejak Dini

  • April 6, 2021
  • 3 min read
Ini Manfaat Mengajarkan Anak Mencintai Buku Sejak Dini

Tahukah Anda, ada banyak manfaat mengajarkan anak mencintai buku sejak dini? Apa sajakah manfaat untuk si kecil?

PAUD, malangpost.id – Meskipun membaca belum menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, tidak ada salahnya Anda mulai mengenalkan kebiasaan membaca pada anak sejak dini. Ada berbagai cara mengenalkan buku pada anak-anak, terutama di usia prasekolah.

Anda bisa mengajak si kecil untuk ke toko buku, baik di mall atau pun gerai buku lainnya. Dengan cara ini, anak akan mengenal berbagai macam buku bacaan. Selain itu, si kecil bisa terdorong untuk cinta buku. Ternyata, mengenalkan dan memberikan buku pada anak sejak usia dini ada banyak manfaatnya, lho!

Lalu, apa sajakah manfaat mengenalkan buku sejak dini pada si kecil? Berikut kami rangkum beberapa diantaranya.

Belajar membaca

Anak usia dini prasekolah umumnya sedang dalam tahapan belajar membaca. Anda bisa mengenalkan si kecil berbagai jenis buku yang bisa membantunya untuk bisa membaca. Salah satu cara bisa dengan memberikan buku tiga dimensi yang membuat kegiatan membaca menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, buku juga bisa membantu anak belajar berhitung, mengenal warna, nama binatang, dan sebagainya.

Baca juga: Seberapa Efektifkah Sekolah Daring Bagi Usia Dini?

Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Saat anak membaca dan mencintai buku sejak dini, buku akan memberikan dunia baru bagi anak. Hal ini akan memperluas imajinasi dan kreativitas mereka dari kisah dan cerita dalam buku. Membacakan buku untuk anak berpotensi mengembangkan imajinasi menjelajahi waktu, tempat, dan peristiwa di luar pengalaman mereka sendiri. Mereka juga cenderung bermimpi lebih besar dan kreatif.  

Konsentrasi dan disiplin meningkat

Di usia prasekolah, kebanyakan anak sangat aktif bergerak dan tidak bisa duduk diam dalam waktu yang cukup lama. Dengan mengenalkan buku, si kecil akan belajar untuk fokus terhadap buku dan tetap diam selama membaca. Karenanya, Anda bisa membuat jadwal membaca secara taratur bagi si kecil.

Menambah informasi & ilmu

Anda tentu sering mendapat pertanyaan dari si kecil, bukan? Rasa ingin tahu anak usia dini memang sangat besar. Ditambah dengan mengajarkan anak mencintai buku sejak dini, rasa ingin tahunya tentu akan bertambah besar. Saat membaca buku, si kecil akan mendapat beragam informasi dan jawaban dari pertanyaannya.

Melatih motorik si kecil

Salah satu manfaat mengenalkan buku sejak dini kepada si kecil diantaranya melatih motorik. Saat ini banyak tersedia buku cerita yang juga dilengkapi dengan beragam aktivitas dan alat tulis. Anda bisa memberikannya buku dongeng yang perlu diwarnai atau kertas yang dilipat. Tentunya, buku jenis ini bisa membantu melatih kemampuan motorik si kecil.

Meningkatkan kemampuan berbahasa

Berapa banyak kata yang didengar atau dibacakan pada anak usia dini setiap hari bisa meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil. Anak yang sudah dikenalkan dengan buku bacaan sejak lahir juga memiliki kosa kata yang lebih besar.

Itu tadi beberapa manfaat mengenalkan membaca dan mencintai buku sejak dini untuk si kecil. Jadi, jangan ragu untuk membacakan cerita atau mengajarkan si kecil membaca yah! (ds3)

1 Comment

  • Panggil saya gila! Tapi ilmu psikologi tidak hanya berhenti di penyelarasan pikiran dan hati. Pikiran pun dapat dipengaruhi oleh dua frekuensi: https://id.quora.com/Bagaimana-cara-mengetahui-seseorang-yang-banyak-membaca-buku-dan-tidak-banyak-membaca-buku/answer/Chiyoko #manfaatmembacabuku

Comments are closed.