NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
02/10/2022
KUPASEDU

Indahnya Desain Arsitektur Bangunan UIN Maliki Malang Dilihat Dari Udara

  • April 19, 2021
  • 3 min read
Indahnya Desain Arsitektur Bangunan UIN Maliki Malang Dilihat Dari Udara

KAMPUS, malangpost.id – Malang menjadi salah satu kota yang memiliki gedung perkuliahan terbaik di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang). Kampus ini menyedot perhatian publik dengan salah satu bangunan kampusnya yang menakjubkan, Kampus III.

Kampus III UIN Malang terletak di Kota Batu, Malang. Jika dilihat dari udara, akan  terlihat indahnya desain arsitektur bangunan UIN Malang yang membentuk kaligrafi Arab lafal Basmalah, Bismillahirrahmanirrahim.

Keindahan desain bangunan Kampus III UIN Malang

Kampus 3 UIN Malang mulai dibangun sejak 2016 di area pegunungan dengan luas lahan 200 hektar. Luas tersebut dibagi menjadi dua area, 100 hektar untuk bangunan dan 100 hektar lainnya untuk penghijauan.

Untuk luas bangunannya sendiri mencapai 35 hektar dengan arsitektur dan teknologi modern. Diketahui, anggaran pembangunan mencapai Rp1,7 triliun yang berasal dari APBN. Bahkan, jika dilihat dari master project bangunan ini, kampus ini diklaim akan menjadi kampus Islam terbesar kedua di dunia setelah Kampus Al-Azhar Kairo, Mesir.

Gedung yang terbilang unik ini menjadi kampus bernuansa Islami yang rencananya akan menampung seluruh kegiatan UIN Malang. Termasuk diantaranya Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik, FISIP, ruang perkuliahan, serta ma’had (pondok pesantren) untuk mahasiswa.

Selain itu, kampus ini juga akan menjadi kampus wisata dengan fasilitas lain yang akan diperuntukkan untuk publik. Diantaranya lapangan olahraga terpadu, rumah sakit, Islamic center, dan lainnya. Nantinya kampus ini juga akan memiliki masjid yang cukup megah seluas 10 ribu meter persegi di kawasan FK.

Dana untuk pembangunan berasal dari bantuan Timur Tengah senilai Rp. 300 miliar. UIN Malang mengharapkan wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Batu untuk berlibur bisa mampir ke UIN.

Sekilas info UIN Malang

UIN Maliki Malang hingga saat ini memiliki 3 kampus. Kampus I terletak di Jalan Gajayana No. 50, Kota Malang dan Kampus II untuk pasca sarjana berada di Jalan Soekarno Hatta, Junrejo, Kota Batu. Kampus III yang terlihat dengan kaligrafi Arab dari udara juga terletak di Junrejo, Kota Batu.

Universitas yang sudah ada sejak 1961 ini memiliki tujuh fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ekonomi (FE).

Kemudian ada Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Humaniora, dan Fakultas Syariah. Setidaknya terdapat 28 pilihan program studi, diantaranya Teknik Informatika, Manajemen, Akuntasi, Perbankan Syariah, Arsitektur,  Pendidikan Agama Islam, hingga Tadris Bahasa Inggris.

Tidak kalah dengan universitas negeri lain di Indonesia, ditambah dengan banyaknya pilihan program studi, menjadikan UIN Maliki memiliki banyak peminat dari berbagai daerah dan juga mahasiswa asing.

UIN Malang menggabungkan antara sistem perguruan tinggi untuk pengembangan profesionalitas dan kecendikiaan dengan sistem pesantren agar santri atau mahasiswa memiliki akidah kuat dan kedalaman spiritual. Diharapkan, UIN Malang bisa menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki ciri ulul albab (intelek profesional yang ulama).

Kuliah di kampus modern UIN Malang

Nah, buat Anda orang tua atau kamu siswa kelas XII yang masih bingung memilih perguruan tinggi atau ingin menjadi sarjana dengan keluhuran akhlak, kedalaman spiritual, sekaligus profesional,  bisa mempertimbangkan untuk mendaftar ke UIN Maliki Malang. Untuk informasi lengkap mengenai fakultas dan program studi, serta pendaftaran, bisa langsung dilihat di https://www.uin-malang.ac.id/.